sewa alat camping

sewa alat camping

Selasa, 28 Juli 2015

PERALATAN KEMPING YANG HARUS DIBAWA

daftar peralatan kemping yang wajib dibawa


Kemping bersama teman atau keluarga bisa menjadi alternatif kegiatan yang bisa Anda lakukan di akhir pekan. Tapi sebelum melakukan itu, ketahui dulu barang apa yang wajib dibawa saat kemping.

Gunung, pantai, ataupun area perkemahan bisa menjadi tempat untuk Anda kemping. Namun jangan lupa untuk membuat daftar barang-barang apa saja yang perlu Anda bawa saat kemping. Disusun detik travel, 

1. Tas Carrier



Tentu Anda tidak mau repot menjinjing koper berisi peralatan kemping menuju tempat kemping. Oleh karena itu, gunakanlah tas carrier. Mengenai seberapa besar tas yang harus Anda bawa, itu semua tergantung kebutuhan. Volume tasnya macam-macam, dari 25 sampai 80 liter.

Memilih ukuran tas carrier harusnya disesuaikan dengan durasi perjalanan. Namun hal ini juga
tergantung bagaimana Anda menyusun perlengkapan kemping di dalam tas dengan benar. Salah-salah, punggung Anda malah bisa sakit. 

Tas juga harus disesuaikan dengan jenis kelamin. Tas carrier untuk perempuan berbeda dengan tas untuk laki-laki. Hal ini karena perempuan memiliki ukuran punggung yang lebih pendek dan bentuk tubuh bagian 
2.tenda

Tenda yang biasa digunakan buat kemping adalah tenda dome. Tenda ini mudah didirikan dengan ruang yang cukup lega. Alasan utama tenda ini menjadi favorit orang-orang yang hobi kemping adalah ukuran yang tidak terlalu besar dan mudah dibawa.

Tenda dome ini terbuat dari parasut nylon sebagai flysheet dan frame fiber sebagai tiang penyangganya. Tenda ini biasanya dilengkapi lapisan luar dari bahan yang sama dan tentunya tahan air. Besar tenda pun macam-macam, sesuai jumlah orang yang bisa menempatinya.



3. Sleeping Bag

Ada 2 desain sleeping bag yang bisa menjadi pilihan Anda untuk kemping, yaitu tipe selimut dan tipe mummy.

Tipe selimut berbentuk persegi empat memiliki resleting yang bisa dibuka lebar seperti sebuah tikar atau selimut. Kekekurangan dari tipe ini adalah banyaknya ruang kosong, sehingga kurang hangat pada bagian kaki.

Sedangkan desain tipe mummy mengikuti alur tubuh, mengecil di bagian kaki dan memiliki resleting di pinggir. Tipe ini sengaja dibuat pas dengan bentuk tubuh sehingga ruang kosongnya sedikit dan jauh lebih hangat. Tipe mummy lebih banyak digunakan ketika kemping di gunung.




5. Alat masak portabel

Anda bisa memilih salah satu dari dua jenis alat masak portabel yang ada, nesting ataupun trangia. Yang membedakan dari kedua alat masak ini hanyalah bahan bakarnya.

Nesting menggunakan kompor dengan gas mini hi-cook. sedangkan dengan trangia, Anda harus menggunakan spirtus. Berbagai ukuran alat masak ini juga Anda gunakan sesuai kebutuhan


peta